Muhasabah Diri


Aku sadari
Aku sadari sekarang
Semua kejelekkan yang terakumulasi menjadi “Aku”
Aku mempunyai banyak kejelekkan
Aku baru tahu itu
Banyak sekali kejelekkan pada diri ini
Sehingga, tidak mungkin Allah memberikan pasangan jika aku tetap menjadi jelek
Kenapa Allah memberikan jodoh kepadaku ?
Aku masih seperti ini
Masih sama
Kekanakkan
Ceplas-ceplos
Dan banyak kejelekkan kepadaku
Jelek disini adalah tidak bisa menerima kekurangan diri atau kekurangan orang lain
Iya, jika aku sudah tidak suka orang, aku ya tidak suka padahal tidak apa-apa mengenal lebih dahulu setelah itu memutuskan karena sejatinya semua makhluknya itu unik. Keunikkan itu tidak boleh disalahkan. Itu kejelekkanku yang ke sekian kali. Iya, aku mempunyai sifat sombong dalam diriku. Aku ingin sekali memperbaikinya, entah bagaimana caranya.
Aku bahagia hidup di dunia ini walaupun tidak tahu untuk apa aku diciptakan. Aku juga terkadang membenci seorang pria, entah kenapa aku membenci mereka padahal mereka tidak salah apapun. Aku hanya tidak suka jika mereka memandang orang lain selain diriku, itu kejelekkanku yang ke sekian bahwa egois terkadang tinggi.
Jika kalian mengenalku lebih dalam lagi akan menemukan diri ini begitu jeleknya sampai aku tidak ingin mengenal diriku lagi. Kalau Allah tidak menutub aibku pasti pandangan orang lain akan membenciku.
Terkadang, sesak melihat diri ini berputar pada pemikiran otak. Sesak diri ini menyalahkan diri sendiri. Semua kekuranganku ingin aku jadikan kelebihanku. Agar semua itu terwujud, butuh lingkungan yang memotivasi untuk mencapai yang aku inginkan. Tak pernah berfikir untuk selamanya di dunia, ingin sekali menutup mata untuk selamanya.
Kesedihan yang telah diberikan Allah, menyadarkan aku bahwa aku sangat kecil hidup di dunia ini. Kesedihan yang terjadi menandakan bahwa aku tidak bisa hidup sendirian terus menerus. Keegoisan yang aku miliki menandakan bahwa aku tidak kuasa ketimbang takdir dariNya. Kesombongan yang aku miliki menandakan bahwa aku sangat bodoh memperoleh ilmu sedikit ini. Aku adalah orang yang tidak bisa menyukai diri sendiri, aku membenci diri sendiri. Suatu hari nanti, aku akan mencintai diri sendiri untuk menemukan kebahagiaanku sendiri.
Mungkin, kebahagiaanku bukan kau her. Kebahagiaanku bukan kau kasang heru cokro febrianto. Mungkin, kebahagiaanku orang lain yang belum dipertemukan oleh orang lain. Aku harap, orang lain tersebut adalah orang yang akan menerima semua kekuranganku dan sabar menjadi penuntunku.
Aku sangat tidak sempurna
Aku ingin disempurnakan oleh jodoh dariNya
Yang akan membimbinginku dengan sejuta kesabarannya
Yang akan memberikanku kenyamanannya dengan sejuta kasih sayangnya
Dalam bentuk Pernikahan Abadi
Pernikahan adalah bentuk dari Cinta
Cinta yang suci dan abadi
Walaupun itu bukan kau her
Walaupun itu orang lain, aku akan terima
Allah memberikan kita hati, bukan hanya untuk seorang kekasih. Kita diberi hati untuk menyayangi setiap makhluknya. Setiap makhluk Allah yang unik dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Banyak makluk yang ada dalam komisariat persiapan j. Wardana. Mereka begitu unik dengan segala perbedaan. Aku mulai belajar bahwa kita harus saling menghargai satu dengan lainnya.
Ada yang serius, lucu, serius
Ada yang lucu, serius, unik
Ada yang mengayomi
Begitu unik setiap individu itu, tak pernah habis aku mempelajari mereka. Belajar dari mereka adalah pengalaman untuk diri ini. Mereka adalah seorang yang tidak pernah menyerah memperbaiki diri. Mereka mau belajar dari kesalahan dan bangkit lagi dari keterpurukkan. Mereka adalah manusia pejuang.
Jika kita masih diberi hidup, jangan sia-sia kan waktu kita untuk hal yang tidak berguna.
Walupun terkadang tidak sesuai rencana kita
Ingat bahwa Allah maha pemberi, jangan bosen-bosen untuk meminta kepadaNya
Karena masa depan tidak akan pernah tahu seperti apa
Jalani dengan sebaik-baiknya masa sekarang
Masa lalu adalah pembelajaran untuk kita
Dan masa sekarang itu masa dimana melalukan hal terbaik yang dilakukan

Jodoh itu dicari disambi memperbaiki diri
Percaya kepadaNya
Bahwa Allah maha pemberi

0 comments:

Post a Comment

JADILAH DIRIMU SENDIRI. Powered by Blogger.