Dutrome





“Cintai Dirimu Sendiri”




Pernah tidak mendengar kata introvert ?
Banyak yang menyebutkan bahwa introvert adalah anak yang pendiam, pemalu dan anti sosial. Semua itu salah besar. Tidak benar bahwa mereka itu pendiam, pemalu dan anti sosial. Mereka lebih senang untuk melakukan kegiatan dalam dunianya sendiri.
Penuh dengan imajinasi di dalam otak mereka. Bisa di bilang mereka unik. Keunikkan mereka adalah sumber kekuatan mereka ada di dalam diri mereka. Dunia introvert mendapatkan tenaga dari dunia yang berisi ide, emosi dan pengalaman mereka sendiri.
Jika kalian ingin mengetahui lebih dalam dunia mereka. Ada di dalam blogku ini. Kisah tentangku sudah aku tulis dari 2 tahun lalu. Berkisah pada kegelisahan yang aku alami, semakin menjadi beranjak usiaku yang semakin tua.
Blogku yang menemaniku disaat hati dan akal bertengkar. Mereka tidak pernah akur tapi, aku mencoba mendamaikannya. Blogku ini ku beri nama “Dutrome” yang artinya Du adalah dunia, tro adalah introvert diambil dari kata tengah introvert, dan me dari bahasa inggris yang artinya aku. Sehingga, jika digabungkan menjadi dunia introvertku.
 Memang unik blogku ini karena bisa membuatku lega mengungkapkan isi hati dan pikiran. Semua yang tidak aku pahami tercurahkan semua di blogger ini. Ketika terdapat lomba narablog ini, aku merasa sangat senang karena aku bisa menceritakan suka dukaku bersama blogger ini.
Kisahku dan bloggerku ini diawali dari :
Klik disini

1.      Awal kuliah, aku bertanya-tanya kenapa diri ini berbeda dengan yang lainnya.
Apa ada yang salah kepadaku?
Kenapa mudah sekali tidak percaya diri, mudah sekali berpikir negatif terhadap sesuatu dan mudah sekali kehabisan energi. Sudah berusaha untuk berkomunikasi orang-orang disekitar, tapi tidak bisa aku lakukan karena terdapat sebuah perbedaan besar antara aku dan mereka yaitu keterbukaan.
Mulailah, aku mempertanyakan siapakah diriku ?
Kenapa aku berbeda dengan mereka ?
Apa ada yang salah dengan diri ini ?
Kenapa tidak bisa menjadi mereka ?
Mudah sekali mereka bergaul ?
Mudah sekali mereka membaur dengan lainnya ?
Sampai akhirnya, aku mengetahui diri ini adalah seorang introvert.

Klik disini

2.  Kisah kedua, ketika aku mulai berusaha realistis karena setiap manusia membutuhkan manusia lainnya. Aku keluar dari zona nyaman untuk bertemu manusia lain. Banyak perkataan yang membuatku terkadang ingin sekali menjadi mereka tapi, ada sebagian yang lain bilang tidak bisa atau tidak mau menjadi mereka. Itu berjalan sampai detik ini bentrok yang teramat.
Terkadang ingin menjadi mereka yang mengesankan saat berbicara di depan umum, berbicara tanpa berpikir, berdiskusi tanpa menyakiti orang lain dan tegas dalam memutuskan sesuatu. Hidup mereka sangat mulus tidak dipenuh pikiran yang memuakkan.

Klik disini

3.   Kisah ketiga, aku mengalami kegilaan yang menyebutkan bahwa diri ini “Bodoh”. Ketika berusaha mencapai sebuah cita-cita seperti orang lain. Lingkungan yang menyebabkan hal tersebut menjadi tidak  semangat lagi.
Terkadang diri ini membenci orang yang menyebutkan bahwa diri ini tidak berguna. Padahal kita diciptakan Allah dengan berbagai kelebihan masing-masing juga kekurangan. Tidak seharusnya mereka menyebutkan hal yang menyakitkan tersebut karena mereka tidak tahu jatuh bangunnya orang tersebut untuk terus maju.

Klik disini

4.   Hal gila terjadi padah kisah ke keempat pada blogger ini. Kisah yang penuh dengan sakit hati. Yang pasti dialami oleh semua orang yaitu jatuh cinta. Semua orang pasti pernah mengalami hal ini termasuk diriku.
Hal yang terindah dan juga menyakitkan. Ketika seorang introvert sepertiku jatuh cinta, semua terasa dunia milikku dan dirinya. Alias imajinasi memerankan hal tersebut.
Kebanyakan seorang introvert kalau jatuh cinta memendam hal tersebut karena mereka tidak mempunyai keberanian untuk mengungkapkan alias mereka minder karena kekurangan mereka.
Akhirnya aku menjadi pengaggum mereka. Ada syair-syair merdu yang aku ciptakan hanya untuk dirinya. Seketika menjadi seorang yang puitis seperti W.S Rendra. Tidak pernah mengalami hal manis dalam percintaan.

Klik disini

5.  Ada hal yang teramat perih dalam diri ini bahwa diri ini kekanakkan. Mungkin diri ini introvert jadi ada sifat kekanakkan. Apalagi ingin memiliki dirinya hanya untukku. Selalu gagal memperoleh dirinya.
Ada sifat kekanakkan ketika aku jatuh cinta harus aku ungkapkan kepada orang yang aku sukai. Kebanyakkan tidak menerima cintaku ini, entah karena aku terlalu kekanakkan atau memang tidak suka hal yang aku lakukan.
Ketika penolakkan terjadi, diri ini membenci keunikkan yang ada dalam diri ini yaitu keintrovertanku. Aku menyalahkan diri sendiri dan seorang cowok. Dulu pernah, membenci setiap cowok karena mereka sangat menyebalkan. Bisa dibilang tidak bisa berdekatan dengan cowok karena aku takut terluka dan melukai.

Klik disini

6.  Ada kisah masa lalu kenapa aku menjadi seorang introvert itu pada kisahku keenam di blogger ini. Waktu kecil ada suatu kejadian yang membuatku menjadi seorang yang membenci dunia ini. Terkadang tidak menyukai dunia yang indah ini.
Dulu aku menganggap dunia ini penuh dengan sandiwara. Dunia yang penuh dengan kemunafikkan. Seorang introvert adalah seorang pengamat yang baik jadi, terkadang berpikir negatif itu sering terjadi. Banyak diantara orang-orang sekitar berkata bohong untuk dirinya sendiri, itulah kemunafikkan.

Klik disini

7.  Hal sekrang sedang terjadi adalah jatuh cinta pada seorang introvert. Menarik untuk diperbincangkan. Sebagian orang introvert lainnya tidak ingin menyakiti orang lain begitu juga orang yang aku suka ini.
Dia sangat baik kepadaku sehingga imajinasiku memainkan peran. Aku menganggap kebaikkannya adalah kesukaannya padaku. Dia mencoba mengenalkanku pada dunia luar bahwa dunia luar itu tidak seburuk yang aku ketahui. Sehingga, karena dialah aku keluar dari zona nyaman ini.
Hanya dalam blogger ini aku bercerita diamana antara hati dan logikaku selalu bertengkar. Tidak pernah akur, mungkin ini yang dinamakan proses pendewasaan diri. Pendewasaan untuk menjadi seorang yang bijaksana. Bijaksana dalam mengambil keputusan dan menerima keputusan orang lain dengan lapang dada.

Klik disini

8.  Dalam proses pendewasaan terkadang bertentangan dengan hati ini. Ketika aku sudah menaruh hati kepada seseorang dan seseorang itu masih baik kepadaku. Aku ingin memperjuangkan hal tersebut. Walaupun dia mencintai orang lain.
Pada kisahku yang ini sangat menyedihkan. Tidak bisa lagi aku mengungkapkan bagaimana menyakitkan ketika melihat orang yang aku sayangi memperjuangkan orang lain.
Apalagi orang introvert sudah mendalami kisah orang tersebut seakar-akarnya. Sehingga, tidak bisa lepas dari orang tersebut. Duniaku sudah menjadi dunianya. Rasanya teramat menyakitkan walaupun sudah aku mencoba melepaskannya.

Klik disini

9. Kisah pengikhlasan terus berlanjut. Walaupun hal itu menyakitkan aku tetap memperjuangkannya. Bagaimana caranya ?
Menjadi orang yang diinginkan dirinya yaitu menjadi sorang HMI-Wati. Hal itu sangat bertentangan dengan diri ini karena keluar dari zona nyaman yaitu dunia sosial. Dunia dimana aku tidak mau mengamati setiap individu disana. Sadar maupun tidak sadar pasti aku akan mengamati hal tersebut.
Perjuanganku untuk keluar dari zona nyaman penuh dengan lika-liku dimana hati dan logikaku beradu lagi. Sampai kapan hal ini terjadi. Demi keinginan seorang yang aku sayang, aku menjadi apa yang dia inginkan tapi, kenapa dia tidak menghampiri diri ini. Perjuangan ini menghabiskan seluruh energiku.
Bisa dibilang “Perjuangan introvert di dunia aktivis”.
Apakah dampak dari hal tersebut pada duniaku ?
Ternyata sangat luar biasa, penuh dengan pengetahuan yang tidak pernah aku alami di dunia perkuliahan yaitu cara berpikir intelektual. Juga pengalaman yang tidak bisa didapat pada bangku perkuliahan.


Aku bisa mengambil kesimpulan bahwa aku mencintai diriku agar dunia luar tahu bahwa diri ini unik. Suatu hari nanti akan ada yang mencintaiku dengan tulus tanpa harus menjadi orang lain.

Resolusi tahun 2019 ini adalah menciptakan buku seorang introvert bahwa orang introvert itu mempunyai kelebihan daripada orang lainnya. Dan semoga dengan blog ini saya ingin memberikan kepada masyarakat umum bahwa orang introvert itu memerlukan lingkungan yang mendukung mereka agar berkembang. Terakhir, aku ingin memberi motivasi kepada orang introvert lainnya bahwa kalian tidak sendiri di dunia ini, kalian pasti bisa menjalani hari-hari kalian, dan kalian itu luar biasa.
Jangan pernah menjadi orang lain !
Be Yourself
And

Be positive

Keep smile !

0 comments:

Post a Comment

JADILAH DIRIMU SENDIRI. Powered by Blogger.