YAKUSA!

YAKUSA!

Pernah mendengar bahwa HMI itu radikal atau Muhammadiyah ? Ternyata hal tersebut benar tapi persepsi mereka yang salah. Begini, HMI bukan Muhammadiyah tapi, orang yang aliran Muhammadiyah boleh ikut di HMI. Sebenarnya bukan Muhammadiyah saja tapi, semuanya seperti NU, LDII dan lain sebagainya.
Kalau radikal itu memang benar. Banyak yang mengatakan bahwa radikal adalah sesuatu yang negatif atau buruk. Aku juga berpikir begitu kok. Setelah aku mengetahui apa itu radikal, ternyata iitu adalah sesuatu yang membuat diri membuka jiwa kekritisan. Jiwa dimana kita diajak berpikir untuk sesuatu yang penuh tanda tanya alias masuk akal.
Begini contohnya, kenapa sih kita harus hidup ? Kenapa kita ada ? atau contoh ekstremnya Tuhan itu ada ? Apa buktinya ? Jadi, kita diajak untuk berpikir terbuka atas segala sesuatu tapi, dalam koridor Islam. Islam disini bukan Islam aliran NU, Muhammadiyah dan lain-lain tapi, merangkul semua itu. Karena aliran tersebut adalah Islam. Gampangnya begini, untuk apa sih kita terpecah bela gara-gara aliran doank ? Aku sih setuju hal ini Karena Tuhan itu tidak menciptakan surga dengan satu jalan. Jadi, kita bisa kok masuk dari pintu mana saja sehingga, kita harus menghargai aliran apa saja yang ada di muka bumi ini. Paham kah ?
Kalau tidak paham begini, kita sering toleransi kan antar beda agama ? Seperti, kita menghormati hari Natal agama Kristen atau Kristen menghormati hari idul fitri dengan cara tidak menganggu pelaksanaan sholat idul fitri. Sehingga, seperti itulah harusnya kita lebih bisa menghargai aliran beda agama di agama kita. Menurutku sih, semua itu adalah hak mereka. Terlepas dari hal tersebut murtad atau apalah, sekali lagi yang menentukan adalah yang diatas jadi, kita harus menghargai.
Jika, misal nih yang lagi genjar-genjarnya muslim di Cina diperlakukan tidak biadab. Barulah kita harus bergerak karena itu keluar dari peri kemanusiaan untuk merdeka beragama. Hal tersebut adalah hal paling benar yang harus umat muslim lakukan. Aksi untuk membela tersebut bukti bahwa umat islam bersaudara dimanapun lokasinya.
Selagi orang lain tidak merusak agama lain ya kita tidak boleh merusak tapi, muslim diperlakukan hal tersebut ya harus kita lawan karena kita bersaudara. Contohnya : misal adik kita dianiyaya orang lain pasti kita balaskan seperti itu. Dianiyaya disini direbut haknya dari orang lain, misal dipukul berkali-kali atau diperkosa. Intinya, keadilan harus kita tegakkan.
Banyak para atasan yang kurang peka terhadap keadilan dunia. Sehingga, kaum muda yang harus bergerak. Maka dari itu, kita sebagai kaum muda harus menjadi Agent Of Change untuk merubah dunia menjadi lebih baik. Menjadi lebih baik disini adalah menegakkan jiwa keadilan. Tertulis di Nilai Perjuangan Dasar di HMI.
Nilai Perjuangan Dasar tersebut adalah
Pertama : Dasar-dasar kepercayaan
Kedua : Pengertian-pengertian dasar tentang kemanusiaan
Ketiga : Kemerdekaan Manusia (Ikhtiar) dan Keharusan Universal (Takdir)
Keempat : Ketuhanan yang maha esa dan perikemanusiaan
Kelima : Individu dan masyarakat
Keenam : Keadilan sosial dan keadilan ekonomi
Ketujuh : Kemanusiaan dan ilmu pengetahuan
Kedelapan : Kesimpulan dan Penutup
Lebih suka NDP yang ketiga. Dimana kita boleh memilih apa yang kita inginkan. Tapi, disitu harus diingat yang menentukan adalah Allah jadi, kita boleh memilih apapun. Kita berusaha untuk mencapai cita-cita yang diridhoi Allah. Setelah kita berusaha, hasil akhirnya diserahkan semua kepadaNya. Allah lah yang berhak untuk memutuskanNya.
Seperti juga Jodoh. Hehehe. Yang aku alami dengan Kanda Embem (Julukan dia dariku). Dia boleh memilih siapa saja yang dia idamkan tapi, Allah yang akan menentukan. Jadi, sekarang dia berikhtiar mencari seorang HMIWati. Entah, dia berjodoh dengan seorang yang diidamkan tersebut atau tidak itulah ketetapanNya.
Jadi, kita harus berusaha dulu apa pun yang kita pilih. Serahkan semua hasilnya kepada Allah. Karena aku yakin sebuah usaha itu tidak ada yang sia-sia. Sama sepertiku, aku berusaha untuk menjadi apa yang diinginkan Kanda Embem, itu pilihanku. Ketika dia bukan jodohku, aku mendapatkan manfaat yaitu mungkin aku akan menjadi perempuan hebat yang akan diidamkan laki-laki yang terbaik menurutNya atau jalan ini menuju sesuatu yang sangat aku inginkan dari dahulu yaitu aku ingin menjadi seorang wanita yang bermanfaat. Mungkin jalan inilah yang aku tuju. Masa depan tidak ada yang tahu tapi, kita bisa usahakan semua itu. Jangan pernah menyerah untuk masa depan kita. Yakin Usaha Sampai! YAKUSA!

0 comments:

Post a Comment

JADILAH DIRIMU SENDIRI. Powered by Blogger.