Kelas Blogger FLP Surabaya 2018

Kelas Blogger FLP Surabaya
Kelas Blogger bersama Mbak Zie

SURABAYA- FLP Surabaya menyelenggarakan Kelas Blogger untuk rekrutmen Pramuda 2018 pada pertemuan ke 7 di Perpustakaan Kelurahan Ngagelrejo Jalan Ngagel Tirtosari nomor 1 Wonokromo Surabaya pada Minggu (18/11).

Kelas dihadiri oleh Pramuda 2018, para Senior FLP Surabaya. Narasumber dalam kelas tersebut yaitu Fauziah Rachmawati (Traveller, Blogger, Teacher, Writter). Biasanya beliau dipanggil Mbak Zie. Beliau seorang penulis yang produktif dan penuh prestasi. Beliau juga seorang guru di SD Islam As Salam. Karya Beliau adalah blog eduinspirasi dan duniazie

Dalam materi yang di sampaikan oleh Mbak Zie, menyatakan bahwa kita berada di Era Industri 4.0 sehingga kita harus mengikuti perkembangan zaman tersebut. Era Industri 4.0 adalah era digital dimana perubahan teknologi yang luar biasa. Sebelum Era Industri 4.0 yaitu Industri 1.0 (18 th) dimana menggunakan mesin uap,Industri 2.0 (19 th) dimana menggunakan listrik,Industri 3.0 (4.0) dimana menggunakan komputer. Agar bertahan pada Era Industri 4.0 diterapkan formula 4C yaitu komunikasi, berpikir kritis, kreatif, dan kolaborasi.

Contoh pada era digital yaitu blogger, game online, youtuber, buzzer, influencer, content creator, writer. Untuk memulai blogger yang diperlukan sebagai berikut:
  1. Berani memulai
  2. Menulis dari hati
  3. Rajin Blogwalking
  4. Hidupkan medsos
  5. Memandang teman blogger bukan sebagai competitor, tapi teman kolaborasi
  6. Blogger yang berbeda
Mbak Zie menceritakan pengalaman beliau agar menghasilkan uang lewat blogger.  
Pertama, membuat blogger dan keep menulis sehingga mendapat pembaca yang cukup banyak. Agar mendapat pembaca bisa mengikuti komunitas blogger FLP, local guides, blogger kekinian, kumpulan emak blogger, malang citizen, blogger perempuan.com. Sebisa mungkin menemukan tema untuk blogger tersebut. Misal : ide travel blogger karena lebih kompleks. Kedua, membeli domain karena sebagai hak cipta bahwa blog itu milik sendiri dan syarat untuk memperoleh uang. Biaya domain yang paling murah yaitu 148.000/tahun pada domain .com dan yang mahal yaitu 500.000/tahun pada domain .id.Ketiga, setelah memperoleh domain, tingkatkan terus menulis, ikut lomba-lomba agar bisa travel gratis. 

Ada juga tips untuk meningkatkan pengunjung yaitu :
  1. Menulis 4 kata kunci pada penulisan. Contohnya begini : Pada judul "Cara menjelaskan seks kepada anak" kemudian pada paragraf pertama terdapat kata cara menjelaskan seks begitu terus sampai paragraf terakhir.
  2. ATM (Amati, Tiru Modifikasi) pada setiap judul di penelusuran pertama sehingga, blog kita terdapat pada penulusuran pertama.
  3. Membuat link-link pada blog kita sehingga terdapat banyak pengunjung.
Mbak Zie juga melakukan riset tentang brand warna, tujuannya untuk menambah pengunjung. Untuk pengetahuan bahwa brand warna merah dan kuning untuk makanan, brand warna biru untuk pendidikan, brand warna orange untuk semangat.

"Dari materi yang diterangkan Mbak Zie, saya dapat menguatkan kekurangan pada blog saya. Saya juga ingin memprofesionalkan domain untuk menseriusi pada dunia blogger. Saya sudah berkecimpung pada dunia blogger dari tahun 2010 sampai 2018, sudah banyak pengunjung kira-kira 1000 dan tawaran iklan tapi, belum mendomainkan blog saya." Ujar Rania Nafeesa salah satu anggota pramuda 2018.

"Teknik materi yang telah diterangkan bagus untuk menambah wawasan saya tentang blog. Tetapi, kurang menerangkan tentang membuat blog agar tidak membosankan, mungkin karena waktunya kurang." Ujar Nur Halimah salah satu anggota pramuda 2018.

Pelaksanaan kelas blogger FLP Surabaya ini diharapkan mampu memberikan wawasan tentang blogger. Tidak juga memberikan wawasan blogger tapi, menghasilkan uang di zaman era industri 4.0 agar bisa bertahan di zaman tersebut.

2 comments:

JADILAH DIRIMU SENDIRI. Powered by Blogger.