Tangis Darah


Ada yang pernah jatuh cinta ke lawan jenis ?
Aku pernah...
Ada yang pernah jatuh cinta secara tiba-tiba?
Aku pernah....
Ada yang pernah jatuh cinta tanpa sebab?
Aku pernah...
Ada yang jatuh cinta secara tiba-tiba dan tanpa sebab?
Aku mengalaminya...
Sudah 5 tahun, aku mencoba melupakan Macos tapi, bayang-bayangnya masih melekat. Macos sudah terbukti tidak mencintaiku karena sampai detik ini tidak mencariku lagi setelah kejadian yang sebelumnya. Rasa hampa menyelimuti relung hatiku.
Suara dobrakkan pintu terdengar keras. Pras (nama adikku) tergesa-gesa ke kamarku sambil bersemangat bilang kepadaku, "Mbak, ada yang titip salam ke mbak,ciee". Aku terkejut dan bangkit dari tempat tidur dan bertanya-tanya "Siapa?". Adikku bercerita dengan semangat "Mas Kahcof mbak, kayaknya dia suka mbak deh soalnya cerita terus tentang pean mbak. Dan masnya tau kalau pean lagi merawat ayah". Aku berhenti sejenak dan setengah tidak percaya perkataan adik. "its impossible, he like me?" Aku tidak percaya karena Kahcof adalah anak aktivis yang mempunyai banyak teman cewek dan aku yakin tidak mungkin dia bisa suka sama aku.
Setelah adik memberikan kabar itu, aku melamun, memikirkan tentang Kahcof. Dia teman semasa kecilku kalau tidak salah sih teman SD sampai detik ini. Teringat masa lalu, dia cowok yang pediam dikalangan teman-teman. Di sela lamunanku, aku tertawa, dia pernah berlari dengan pelan-pelan sambil dingklang saat pelajaran olahraga. Semua anak heran, dia terus berusaha berlari sambil menahan sesuatu.
Ada anak yang bertanya kepadanya, “Kamu kenapa cof?”. Akhirnya dia bilang, “Kena beling”, anak-anak mulai menyuruh Kahcof berhenti. Aku salut dengan dia, masih mau berlari dalam keadaan terkena beling. Tapi, dia memendam rasa sakit itu sendirian.
Aku masih tidak percaya dia menitipkan salam kepadaku setelah 3 tahun lamanya tidak medengar kabar. Dan aku juga heran, “kok bisa dia tau tentang aku yang sedang merawat ayahku ?”.
Kepalaku mulai mencari jawaban dengan sendiri, “Apa dia cuma iseng menitipkan salam, atau dia tidak sengaja bertemu adik, atau dia beneran ada rasa suka?”. Kepalaku dipenuhi dengan tanda tanya.
3 tahun lalu saat aku berjumpa dengannya. Pertemuan pertama, dia chat lewat facebook. “Vivi, ikut ke pernikahan Ageng yuk, besok malam, tak jemput”. “Aku pengen, tapi naik apa?” tanyaku. “Naik bus vi” jawaban Kahcof singkat. Aku saat itu tidak pernah naik bus sehingga, aku tidak tahu menahu tentang jurusan kesana. Aku bertanya terus kepadanya, dia menjawab dengan sabar.
Saat bertemu dengannya, aku biasa aja karena saat itu hatiku untuk orang lain. Ha-ha-ha. Aku merasa aneh dengan sikapnya kepadaku, mungkin perasaanku saja. Diantara cowok-cowok yang berada disitu, dia satu-satunya cowok yang berani mendekatiku dan mengajak aku ngobrol. Karena aku tipe pendiam dan introvert. He-he-he
Setelah mengambil makanan, tempat duduk berpindah. Eh, aku heran dia mendekatiku lagi. Disaat itu aku mulai merasa aneh dengan sikapnya.hahaha. Mungkin aku ke geeran. Dan lucunya, energiku itu sudah habis, aku bilang kepadanya “Cof, ayoo pulang”, aku merasa dia pemimpin kondangan disitu.
Kalian tau apa jawabannya, dia hanya memberikan senyuman manis kepadaku, tidak ada sepatah kata pun darinya. Tapi aku tahu apa artinya yaitu sabar. Mulai saat itu aku melihatin dia, dan sepertinya dia merasa dan mulai melihat kepadaku. Saat pulang kita saling pandang memandang tanpa kata. Aku juga mengingat pertemuan kedua kita yang membuat senyum-senyum sendiri. Saat itu, dia tersenyum kepadaku dengan saat manis dan mengucapkan sebuah kata yang tak pernah terlupakan. 
Tanpa ada angin, jantungku berdegup kencang. Iya, aku ingin tahu perasaan dia yang sesungguhnya kepadaku. Aku tidak mau hatiku tersiksa terus menerus dengan sesuatu yang tidak pasti itu. Aku beranikan diri untuk voice note.
"Tolong jujur padaku, sebenarnya kamu suka apa tidak sama aku? "
Sudah berapa banyak setan yang memasuki diriku sehingga, aku berkata seperti itu seperti tidak punya malu. 
Dia membalas pesan tersebut cukup lama. Dalam menunggu pesan tersebut jantungku berdetak sangat cepat diiringi tangan yang gemetar. Terdengan klise sih, kenyataannya begitu. whuaaa.... Kotak masuk pun muncul, aku mendengarkan pesannya. Aku terdiam, membisu, dan hancur berkeping-keping setelah mendengar pesannya  :
"Gini Vi, pertama aku mohon maaf atas apa yang aku sampaikan tapi ini tidak mengurangi rasa hormatku kepada sampean dan ini adalah jujur dari hatiku. Aku menganggapnya, aku dan sampean adalah teman dan ketika sampean suka sama aku, bukan aku tidak suka dengan sampean karena alasan ini itu tetapi, saya tidak jatuh cinta karena cinta itu bagiku bukan kalkulasi dengan sederet alasan ini dan itu tapi hati ini tidak berkehendak untuk jatuh cinta jadi mohon maaf, aku sedang tidak jatuh cinta, dan terimakasih sudah jujur denganku, mohon maaf aku belum bisa menerima cinta sampean. Tapi aku harap sampean mau menjadi teman dan sahabatku. Semoga sampean menemukan cinta sejati dan jodoh yang terbaik untuk sampean. Semangat ya. He-he-he"

Introvert Bukanlah Pemalu

Introvert Bukanlah Pemalu


Setiap orang pasti mempunyai kepribadian yang berbeda-beda. Carl Jung mengembangkan teorinya, dan dia memperkirakan bahwa kita terlahir dengan sebuah bakat kepribadian yaitu introvert dan ekstrovert. Kepribadian introvert adalah kepribadian yang menyukai situasi yang tenang dan tidak begitu banyak orang sedangkan, kepribadain ekstrovert merasa nyaman di keramaian dan mudah bersosialisasai dengan banyak orang. Biasanya, seorang introvert menyukai kegiatan seperti menulis, membaca, mengoperasikan komputer, menonton film, memancing sedangkan ekstrovert menyukai jalan-jalan bersama teman, berada di lingkungan yang interaktif, bersemangat untuk melakukan banyak hal.
Ada banyak mitos tentang seorang introvert yang merupakan sesuatu kesalahan besar. Salah satunya bahwa seorang introvert bukanlah seorang pemalu. Seorang introvert tidaklah sama dengan seorang pemalu atau seorang yang mempunyai kepribadian menutup diri. Karena, orang introvert lebih senang untuk melakukan kegiatan sosial mereka sendiri. Tetapi, mereka tidak segan untuk melakukan intraksi sosial dengan orang lain. Sedangkan orang pemalu, mereka merasa berat untuk melakukan intraksi sosial.
Yang membedakan introvert dengan lainnya adalah sumber kekuatan mereka. Introvert mendapatkan tenaga dari dunia yang berisi ide, emosi dan pengalaman milik mereka sendiri. Introvert merupakan penyimpan energi. Mereka bisa menerima terlalu banyak tekanan dari dunia luar dengan mudahnya, yang mengakibatkan mereka merasakan suatu perasaan tidak nyaman dan “sesak”. Perasaan itu bisa berupa kegelisahan atau kebutuhan pikiran. Bila terjadi demikian, mereka perlu membatasi kegiatan sosial mereka agar tidak kehabisan tenaga. Akan tetapi, introvert juga perlu menyeimbangkan waktu mereka untuk menyendiri dengan waktu mereka untuk bergaul di luar, kalau tidak mereka akan mudah lelah dan pusing.
Introvert bagaikan baterai isi ulang. Mereka perlu berhenti sejenak untuk mengisi ulang tenaganya. Itulah gunanya lingkungan dengan sedikit tekanan bagi introvert. Lingkungan tersebut membantu mereka untuk mengisi ulang tenaga, dan merupakan sifat alamiah introvert. Mengisi energi bukanlah suatu hal yang mudah bagi introvert, apalagi dengan keadaan dunia sekarang ini yang serba cepat. Introvert membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengisi ulang tenaga daripada ekstrovert dan energi mereka habis dengan cepat. Introvert harus cermat mengetahui berapa energi yang ada dalam diri mereka dan memerlukan perencanaan yang baik agar tidak mudah lelah.
Sebagai contoh, Vivi mempunyai banyak rencana kegiatan dari pagi sampai malam. Dia sudah merencanakan dengan detail aktivitas apa yang dilakukan. Kemudian, dia melihat jadwalnya tersebut dan dia merasa terlalu banyak yang harus dilakukan. Membuat tidak nyaman sehingga, Vivi harus mengatur ulang jadwal agar seimbang kegiatan dan mengisi energinya sehingga, tidak kehabisan energi di tengah jalan. Contoh lainnya, ketika introvert berada di pesta yang terdapat banyak orang. Menguras banyak energi meraka karena banyak melakukan perbincangan dengan berbagai topik yang berbeda. Itulah kenapa kebanyakan introvert akan cepat pulang dari pesta tersebut karena energi mereka habis menyebabkan terlihat murung atau lemas dan pusing.
Jika seorang introvert bisa mengelola energi mereka dengan baik, mereka bisa lebih unggul daripada lainnya. Contoh terdapat kisah dari seorang yang terkenal yaitu Albert Einstein. Beliau  terkenal dengan kecintaannya pada kesendirian. Beliau juga contoh bagaimana suatu lingkungan yang keras dapat melumpuhkan introver dan menutup potensi mereka. Denis Brian menjelaskan betapa sulitnya kehidupan Einstein saat ia bersekolah di zaman pada tahun 1800 an. Albert adalah seorang pendiam dan suka menutup diri, dia layaknya seorang pengamat. Menurut denis jika ia terus tinggal dan berskolah di Jerman, ia mungkin tidak akan pernah menjadi seorang ahli fisika yang brilian. untungnya karena ayahnya kurang pandai berbisnis, keluarga Einstein, harus pindah ke Italia. adik Einstein terpana dengan perubahan dratis yang dialami kakaknya hanya dalam waktu enam bulan setelah mereka pindah ke Italia. 
Laki-laki yang tadinya gugup, menutup diri dan suka melamun telah berubah menjadi seorang yang ramah, periang dan mempunyai selera humor yang tinggi. Apakah dia berubah karena udara di Italia atau karena orang di Italia itu ramah-ramah atau karena dia telah lolos dari neraka di Jerman ?
Enistein menyampaikan “Saya tidak pintar, saya hanya meneliti sebuah masalah lebih lama dari orang lain.” Introvert dapat mengakses talenta mereka seperti kemampuan untuk berkonsentrasi dan bertanya, akan tetapi mereka hanya dapat melakukannya di lingkungan yang kondusif. 
Jadi, jelas bahwa orang introvert bukanlah pemalu. Akan tetapi, apa yang mendorong bagi introvert untuk berani menampilkan dirinya, sering kali berbeda dengan apa yang mendorong ekstrovert. 

Kamu Menghilang

Malam demi malam aku jalani. Entah kenapa aku mulai ikhlas denganmu. Atau dalam artian, aku mulai menerima bahwa dirimu bukan untukku. Tepat pada hari ini, atau malam sebelumnya. Aku sedikit atau entahlah banyak mungkin, aku merindukanmu. Aku melihat hp, mungkin kamu lagi online. Dalam seharian, aku melihat kau tidak pernah online, hari berikutnya juga begitu. Rasanya ada sesuatu yang hilang. 

Terkadang, biarpun kau online, aku tidak pernah chat denganmu atau apapun itu. Aku merasa ditemani, alias lega bahwa kamu pasti baik-baik saja. Tatapi, seminggu ini kau tidak pernah aktif medsos lagi. Terakhir kau update sih tentang pergi ke sawah di sidomulyo jawa timur. Mungkin kau melatih jiwa petani di situ. Atau kau akan disitu untuk berlatih jiwa petanimu. Tetap saja, aku khawatir, rindu atau apapun itu namanya. U know like something dalam dada sangat menyakitkan yang ingin aku lampiaskan dengan memandang wajahmu langsung kemudian bercerita hari demi hari yang aku lewati. 

Its sound crazy, i know. Memang, kau bukan milikku. Tapi, mungkin aja takdir akan menyatukan kita. Kewajibanku adalah berdoa dan berikhtiar, jika Tuhan berkehendak lain, ya harus menerima konsekuensinya. Ada suatu hari dimana aku memimpikan sesuatu yang sangat buruk terjadi. Kau bertunangan dengan seseorang yang kau sukai. Rasanya aku ingin menangis saat itu juga, aku lega bahwa itu hanyalah mimpi tapi, aku takut mimpi itu menjadi kenyataan suatu hari nanti. 

Ingin aku mengadu pada Tuhan agar kamu menjadi jodohku dan kamu ditakdirkan untukku. Kamu diberikan kesuksesan dan segera melamar seseorang yang kamu suka dan orang itu adalah aku. Semoga, hatimu berbalik kepadaku. Hanya Allah yang bisa membolak balikkan itu. Ke khawatiran ku menjadi ketika aku berpikir bahwa kamu sudah bermain ke rumah cewek itu. Rasanya ingin setiap hari mendengar kabar darimu. Mengirim pesan tanya kabarmu adalah sesuatu yang paling aku inginkan tapi, aku tidak bisa melakukannya karena aku hanya tidak berhak melakukan itu lagi. 

"Cinta itu ikhlas. Kenyataannya, aku tidak ikhlas dan aku akan memohon kepadaNya agar kau ditakdirkan untukku" 

Kelas Blogger FLP Surabaya 2018

Kelas Blogger FLP Surabaya
Kelas Blogger bersama Mbak Zie

SURABAYA- FLP Surabaya menyelenggarakan Kelas Blogger untuk rekrutmen Pramuda 2018 pada pertemuan ke 7 di Perpustakaan Kelurahan Ngagelrejo Jalan Ngagel Tirtosari nomor 1 Wonokromo Surabaya pada Minggu (18/11).

Kelas dihadiri oleh Pramuda 2018, para Senior FLP Surabaya. Narasumber dalam kelas tersebut yaitu Fauziah Rachmawati (Traveller, Blogger, Teacher, Writter). Biasanya beliau dipanggil Mbak Zie. Beliau seorang penulis yang produktif dan penuh prestasi. Beliau juga seorang guru di SD Islam As Salam. Karya Beliau adalah blog eduinspirasi dan duniazie

Dalam materi yang di sampaikan oleh Mbak Zie, menyatakan bahwa kita berada di Era Industri 4.0 sehingga kita harus mengikuti perkembangan zaman tersebut. Era Industri 4.0 adalah era digital dimana perubahan teknologi yang luar biasa. Sebelum Era Industri 4.0 yaitu Industri 1.0 (18 th) dimana menggunakan mesin uap,Industri 2.0 (19 th) dimana menggunakan listrik,Industri 3.0 (4.0) dimana menggunakan komputer. Agar bertahan pada Era Industri 4.0 diterapkan formula 4C yaitu komunikasi, berpikir kritis, kreatif, dan kolaborasi.

Contoh pada era digital yaitu blogger, game online, youtuber, buzzer, influencer, content creator, writer. Untuk memulai blogger yang diperlukan sebagai berikut:
  1. Berani memulai
  2. Menulis dari hati
  3. Rajin Blogwalking
  4. Hidupkan medsos
  5. Memandang teman blogger bukan sebagai competitor, tapi teman kolaborasi
  6. Blogger yang berbeda
Mbak Zie menceritakan pengalaman beliau agar menghasilkan uang lewat blogger.  
Pertama, membuat blogger dan keep menulis sehingga mendapat pembaca yang cukup banyak. Agar mendapat pembaca bisa mengikuti komunitas blogger FLP, local guides, blogger kekinian, kumpulan emak blogger, malang citizen, blogger perempuan.com. Sebisa mungkin menemukan tema untuk blogger tersebut. Misal : ide travel blogger karena lebih kompleks. Kedua, membeli domain karena sebagai hak cipta bahwa blog itu milik sendiri dan syarat untuk memperoleh uang. Biaya domain yang paling murah yaitu 148.000/tahun pada domain .com dan yang mahal yaitu 500.000/tahun pada domain .id.Ketiga, setelah memperoleh domain, tingkatkan terus menulis, ikut lomba-lomba agar bisa travel gratis. 

Ada juga tips untuk meningkatkan pengunjung yaitu :
  1. Menulis 4 kata kunci pada penulisan. Contohnya begini : Pada judul "Cara menjelaskan seks kepada anak" kemudian pada paragraf pertama terdapat kata cara menjelaskan seks begitu terus sampai paragraf terakhir.
  2. ATM (Amati, Tiru Modifikasi) pada setiap judul di penelusuran pertama sehingga, blog kita terdapat pada penulusuran pertama.
  3. Membuat link-link pada blog kita sehingga terdapat banyak pengunjung.
Mbak Zie juga melakukan riset tentang brand warna, tujuannya untuk menambah pengunjung. Untuk pengetahuan bahwa brand warna merah dan kuning untuk makanan, brand warna biru untuk pendidikan, brand warna orange untuk semangat.

"Dari materi yang diterangkan Mbak Zie, saya dapat menguatkan kekurangan pada blog saya. Saya juga ingin memprofesionalkan domain untuk menseriusi pada dunia blogger. Saya sudah berkecimpung pada dunia blogger dari tahun 2010 sampai 2018, sudah banyak pengunjung kira-kira 1000 dan tawaran iklan tapi, belum mendomainkan blog saya." Ujar Rania Nafeesa salah satu anggota pramuda 2018.

"Teknik materi yang telah diterangkan bagus untuk menambah wawasan saya tentang blog. Tetapi, kurang menerangkan tentang membuat blog agar tidak membosankan, mungkin karena waktunya kurang." Ujar Nur Halimah salah satu anggota pramuda 2018.

Pelaksanaan kelas blogger FLP Surabaya ini diharapkan mampu memberikan wawasan tentang blogger. Tidak juga memberikan wawasan blogger tapi, menghasilkan uang di zaman era industri 4.0 agar bisa bertahan di zaman tersebut.

The biggest fear

i will tell u something...

i was dream that made me want to cry...

beacause in my dream,

u and the other girl will get married

its hurt my heart

maybe i must to ikhlas kan mu


Jika Aku Nakal

Apa kau akan membantuku ?
Apa kau akan kembali ?
Apa kau akan menerimaku ?
Dengan menjadi nakal , 
Apa kau akan menjadikanku lebih baik lagi ?
Kalau iya, aku ingin menjadi nakal
Aku sudah sedikit lelah menjadi baik tapi tak kau hiraukan
Emang aku tidak sempurna
Itulah kenapa aku ingin kau membimbingku!
Tapi, kau memilih dia yang lebih dari aku
iya lebih cantik, organisator, baik, apa adanya
Iya, aku kalah
Udahlah aku menyerah
Aku akan menjadi nakal terkadang
Nakalku itu karenamu
Aku ingin kau menolongku
Kau tak pernah menghiraukan hatiku ?
Sudahlah aku sudah sangat lelah

Tanya Hati

kalian tau lagunya pasto yang judulnya tanya hati ?
lagu tersebut pas banget dengan keadaanku.hehehe

"oh mengapa tak bisa dirimuYang mencintaiku tuluh dan apa adanyaAku memang bukan manusia sempurnaTapi ku layak dicinta karena ketulusan"
kenapa dia tak mencintaiku saja dengan tulus dan apa adanya ?jika hatinya tidak berkehendak ya mau gimana lagi.


JADILAH DIRIMU SENDIRI. Powered by Blogger.